Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Dengan PHP

Bagikan  
PIN IT! shadow

"PHP bukan hanya berfungsi sebagai bahasa pemrograman web. Sama seperti bahasa pemrograman lainnya, PHP juga bisa berfungsi melakukan operasi aritmatika"

5/5 (5)

Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Dengan PHP

PHP bukan hanya berfungsi sebagai bahasa pemrograman web. Sama seperti bahasa pemrograman lainnya, PHP juga bisa berfungsi melakukan operasi aritmatika, seperti: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dst.

 

Menghitung nilai rata-rata dengan php, caranya sama saja dengan melakukan perhitungan matematika yang sering kita pelajari disekolah. Namun, tetap saja untuk cara penulisannya tetap berdasarkan syntax di PHP.

Metode Define dan Variabel

Disini admin akan membagikan Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Dengan PHP dengan 2 Metode, yaitu Define dan Variabel. Untuk tingkat kemudahan itu tergantung dengan metode apa yang kamu sukai dan tergantung seberapa mahir kamu mendalami metode tersebut.

Rumus Nilai Rata-Rata

Untuk rumusnya adalah = Jumlah Nilai / Jumlah Data.

Contoh: (N1+N2+N3) / 3 = Rata-rata

 

Contoh Perhitungan Rata-Rata Menggunakan Metode Define

Berikut ini adalah codingan dari PHP tersebut:

Dan inilah hasil dari codingan tersebut:

Hasil rata-rata - jadidewa.com

Hasil rata-rata - jadidewa.com

Contoh Perhitungan Rata-Rata Menggunakan Metode Variabel

Berikut ini adalah codingan dari PHP tersebut:

Dan inilah hasil dari codingan tersebut:

Rata-rata metode variabel - jadidewa.com

metode variabel - jadidewa.com

Penutup

Apapun metode yang digunakan, jika sesuai dengan rumus dan syntax PHP yang benar, maka hasilnya tetap  akan menjadi sama saja, karena rumus perhitungannya memang seperti itu. Yang terpenting adalah bagaimana kamu menyusun rumus tersebut menjadi sebuah syntax PHP yang benar.

 

Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan kegiatan aritmatika dari PHP terkhusus untuk mencari nilai rata-rata. Namun menurut admin, melakukan yang terbaik adalah melakukan sebuah proses coding dengan cara yang telah dipahami itu jauh lebih baik dibanding mengikuti proses coding milik orang lain.

 

Membuat proses aritmatika menggunakan PHP sebenarnya cukup ribet, karena harus menggunakan sebuah server untuk menjalankannya. Maka dari itu, admin merekomendasikan jikalau ingin membuat program aritmatika sebaiknya menggunakan Javascript atau Python.

Baca Juga :  Membuat Multi Level Login Menggunakan PHP dan MySQLi

 

Selain mudah untuk digunakan, kedua bahasa pemrograman tersebut juga sangat powerful untuk kegiatan membuat program.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat 😀

Terima kasih,
JADIDEWA.COM

Ayo Nilai Artikel Ini!

JADIDEWA.COM

Penulis JADIDEWA.COM Serah Gue Donk!